3 Agt 2011

BERYL (aluminium berilium cyclosilicate)

Batu permata digolongkan kedalam beberapa grup, jenis dan variasi. Sebagai contoh, rubi adalah variasi merah dari jenis batu korundum, dimana warna lain dari batu korundum dinamakan safir. Emeral (hijau), aquamarine (biru), bixbite (merah) goshenite (tak berwarna), heliodor (kuning), dan morganite (pink) adalah seluruh variasi dari jenis mineral beryl.
Mineral Beryl adalah suatu aluminium berilium cyclosilicate dengan rumus kimia Be3Al2(SiO3)6. Mineral Beryl mempunyai system kristal heksagonal atau Mineral Kristal beryl yang mempunyai bentuk bersudut enam. Mineral Beryl memperlihatkan conchoidal retak, mempunyai suatu kekerasan 7.5-8, suatu bobot jenis 2.63.-2.80.. Mineral Beryl mempunyai suatu kilau seperti kaca dan dapat tembus cahaya atau transparan. Perpecahan nya adalah fundamental lemah/miskin dan kebiasaan nya adalah dihexagonal bipyramidal. Beryl murni tidak mempunyai warna, tetapi mineral beryl sering diberi warna yang tidak murni; warna mineral beryl mungkin adalah hijau, biru, kuning, merah, dan putih. Mineral Beryl pada umumnya terjadi di dalam batuan granit atau pegmatite. Ia juga ditemukan di dalam sekis mika dan berasosiasi dengan bijih. Nama Mineral Beryl datang dari Yunani beryllos untuk blue-green warna air laut yang mahal.
Batuan Beryl termasuk kristal dari pegmatit akan berukuran besar, karena tidak adanya kontras tekanan dan temperatur antara magma dengan batuan disekelilingnya, sehingga pembekuan berjalan dengan lambat. Mineral-mineral pegmatit antara lain : logam-logam ringan (Li-silikat, Be-silikat (BeAl-silikat), Al-rich silikat), logam-logam berat (Sn, Au, W, dan Mo), unsur-unsur jarang (Niobium, Iodium (Y), Ce, Zr, La, Tantalum, Th, U, Ti), batuan mulia (ruby, sapphire, beryl, topaz, turmalin rose, rose quartz, smoky quartz, rock crystal).
Beryl yang mana tidak berwarna dalam bentuk mineral murninya, menjadi emerald tanpa dipengaruhi kromium. Apabila anda menambahkan manganese dan bukannya kromium, beryl akan berubah warna menjadi pink morganite. Dengan campuran besi, ia akan berwarna aquamarine. Beberapa perlakuan pada batu permata memberi kenyataan bahwa ketidakmurnian ini dapat “dimanipulasi”, dengan begitu akan merubah warna dari batu permata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar