15 Jul 2015

Flashback Last Year: Typus and TB Disease




Look at these pictures.. Kelihatan kayak foto-foto selfie biasa saja. Tapi, foto ini adalah foto 'melali' ku setelah survive dari suatu penyakit yang bikin perubahan drastis dalam hidup (walaupun rasanya waktu foto ini diambil, aku masih harus check up ke rumah sakit sih,, hehehhe).

Tahun 2014 kemarin rasanya adalah tahun yang cukup kelam. Soalnya sejak pertengahan tahun aku bolak-balik sakit terus. Awalnya demam, tapi selalu diperpanjang sakitnya. Ckckckck. Emang sih waktu itu cuaca lagi parah-parahnya banget.Apalagi aku masih kerja di jalan tol yang ada di atas laut, berasa banget angin lautnya (red:Tol Bali Mandara).




Awalnya aku pikir itu wajar, karena notabene nya cuaca lagi nggak bersahabat banget. Teman - teman disana juga pada sakit soalnya. Ada yang demam juga, batuk aja, atau pilek aja. Apalagi shift 1 itu dimulai jam 6 pagi. Bener - bener berasa yang namanya hawa dingin berangin...


 Tapi ternyata hipotesaku itu salah. Penyakit yang berkunjung ke diriku bukan penyakit biasa.Tapi mereka adalah dua sejoli yang bersemayam di tubuhku. Yap, aku di diagnosis dokter menderita TB dan Typhus .

Pantesan aja, selama beberapa waktu itu, aku lemes banget. Dua penyakit itu sama-sama bergejala demam dulu dan nafsu makan jadi berkurang. Sumpah!! Berat badan turun drastis banget. Aku yang memang kurus, jadi tambah kurus. Jadinya kurus banget!!

Jadi, pada bulan September 2014, tubuh yang udah nggak kuat lagi bolak balik ke dokter buat minta obat akhirnya tepar juga di kamar rumah sakit selama seminggu.





Padahal parah ya sakitnya, tapi kok cuma opname seminggu? Tedott!! Kata dokter, seminggu itu baru bisa meredakan Typhusnya aja. Untuk penyembuhan TB nya, perlu waktu 6 bulan (itupun harus rutin check up dan berharap hasil akhir yang bahagia). Sedih banget dengernya :(

Alhasil, selama 6 bulan, aku rajin check up ke rumah sakit. Tapi awalnya sempat shock terapi, karena biayanya mahal banget broh! Aku hitung totalnya ya, termasuk obat dan biaya dokter, itu lebih dari 700rb dan aku check up 2 minggu sekali. Gila kan! Gaji sebulan bisa habis buat check up doang nanti dong!

Itu belum termasuk biaya cek darah, cek dahak dan rontgen nanti. Ya ampun.. 6 bulan bakalan kayak gitu. Mana motor masih cicilan waktu itu.. Hiks :(

Gak tega banget kalo harus ngeberatin orang tua lagi buat ngebiayain hidupku yang sedih ini. Tapi untungnya Pak Dokter yang udah biasa nanganin setiap aku sakit ngasi solusi lain. Karena penyakit TB ini ada program pengobatan dari pemerintahnya, jadi nggak ada salahnya dateng ke rumah sakit pemerintah buat dapet pengobatan gratis (meskipun ngantri di pendaftarannya lamaa banget). Nggak apalah, toh obatnya sama dan gratis.

Syukurlah, meskipun asuransi nggak ngasi tanggungan buat obat keras itu, setidaknya kan ada obat yang udah ditanggung sama pemerintah. Suksma pemerintah:) (tumben baik :D)

Jadi, sekitar 3 bulan pertama, setiap dua minggunya mesti check up dan minum 3 pil wajib sekalian sekali dalam sehari (pilnya besar banget coyy!). Parah banget, karena itu obat keras, dan lambungku itu agak lemah, jadi efek sampingnya berasa banget. Pingin muntah setiap habis minum. Jadi, supaya nggak sampe muntah, dikasi obat lain lagi buat nyeimbangin asam lambungku. Banyak banget obat yang aku minum.

Kemudian, cek dahak setelah periode obat besar itu selesai. Kalau hasil cek dahaknya sudah bagus, kemudian dosis antibiotiknya akan dikurangi. Nah, jadi waktu itu obat yang aku minum sudah mengecil ukurannya. Tapi, waktu minumnya tetap sama.

Terakhir, di bulan ke enam, aku harus cek dahak dan rontgen untuk final test. Agak bimbang waktu itu karena hasil cek dahak sudah negatif TB tapi rontgen masih ada sesuatu di paru-paruku. Kemudian dokter menyimpulkan kalau itu bisa saja bekas grogotan dari si penyakit TB ini. Jadi, selama aku tidak batuk hingga berdahak dan berdarah, itu tidak akan jadi masalah.

Dokter juga bilang, bisa jadi itu adalah luka akibat grogotan penyakit. Jadi sebisa mungkin sampai luka itu sembuh, aku tidak boleh batuk, karena itu bisa saja jadi berdarah nantinya. Hih, ngeri banget dengernya.

Sejak saat itu, aku mulai lebih berhati-hati dengan kondisi tubuhku. Untuk menghindari kumatnya penyakit ini, aku memutuskan untuk berhenti bekerja di tol. Mungkin daya tahan tubuhku yang nggak bagus membuat polusi dan angin keras disana membuat aku jadi terkapar sakit parah begitu (padahal aku rajin pake masker dan jaket saat kerja).

Dari situ juga aku tau, nggak cuma orang ngerokok yang bisa kena TB, tapi orang yang daya tahan tubuhnya lagi drop adalah orang yang lebih berpotensi terserang apalagi didukung kondisi lingkungan yang kurang baik.

Contohnya aku. Waktu itu aku lagi kena Typhus. Kondisi lagi bener-bener drop. Didukung lagi aku memang punya imun yang kurang baik. Jadinya hanya karena rutin kena angin laut dan polusi yang nggak seberapa aja bisa kena TB. Padahal temen-temen yang lain juga sama porsi kena angin dan polusinya kayak aku, tapi karena kondisi mereka lebih baik, ya mereka nggak apa-apa.

Dari pengalamanku ini, jangan lupa jaga selalu kondisi kalian yaa.. Sehat itu mahal banget!
Take care yourself :)

Gena UTARI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar